Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjadi Orang Tua Yang Baik

Tips Menjadi Orang Tua Yang Baik


Tips Menjadi Orang Tua Yang Baik


Tidak hanya ada satu cara yang tepat untuk membesarkan anak-anak. Dan tidak ada yang namanya orangtua sempurna atau anak sempurna. Setiap orang harus terus belajar dan belajar untuk menjadi orang tua yang baik. 

Namun, kadang banyak juga orang tua yang tidak mengerti harus bagaimana untuk menjadi orang tua yang baik itu. Bersyukur jika kamu dulunya dibesarkan oleh orang tua yang baik juga lingkungan yang baik sehingga bisa belajar banyak hal darinya. 

Berikut ini sedikit tips yang mungkin bisa kamu lakukan untuk membantu anak-anak kamu tumbuh sehat dan bahagia.

Tampilkan cinta kamu setiap hari, katakan pada anak-anak "Bunda mencintaimu nak, kamu sungguh anak yang istimewa bagi bunda..". Beri banyak pelukan dan ciuman.

Dengarkan ketika anak berbicara. Dengan mendengarkan anak akan menunjukkan kepada mereka bahwa kamu berpikir mereka penting dan tertarik dengan apa yang mereka katakan.

Ciptakan rasa aman dan nyaman mereka ketika mereka takut. Tunjukkan kepada mereka bahwa kamu menyayangi dan akan melindungi mereka.

Buatlah sebuah jadwal kegiatan mereka.  Membuat jadwal bukan berarti mengekang kehidupan mereka, namun akan mengajarkan kepada mereka hidup secara disipling dan teratur. Buatlah jadwal makan, tidur siang, waktu belajar maupun waktu untuk bermain. Jika kamu harus mengubah jadwal, beritahulah mereka tentang perubahan itu sebelumnya atau mintalah pendapat mereka.

Pujilah dan berilah penghargaan kepada anak kamu. Ketika anak-anak belajar sesuatu yang baru, mencapai suatu prestasi atau berperilaku baik, berilah mereka pujian yang menunjukkan bahwa kamu bangga dengan apa yang mereka lakukan.

Kritiklah perilaku mereka, bukan anak kamu. Ketika anak kamu melakukan kesalahan, jangan katakan, "Kamu anak nakal". Sebaliknya, jelaskan kepada mereka bahwa yang mereka lakukan adalah salah. Sebagai contoh, ketika anakmu memukul temannya, maka jangan katakan, "Hei, nakal kamu yaa..", tapi katakan, "Nak, memukul teman itu tidak baik, coba kalau kamu yang dipukul, sakit kan? Kalau dipukul itu sakit maka jangan suka memukul teman yaa..".

Jadilah orang tua yang konsisten. Aturan yang kamu buat tidaklah harus sama dengan orangtua lain, tetapi kamu harus jelas dan konsisten (konsisten berarti aturan yang sama sepanjang waktu). Antara Ayah dan Ibu harus kompak dalam membuat dan menerapkan aturan. Juga, pastikan baby-sitter dan kerabat tahu tentang aturan keluarga kamu.

Luangkan waktu bersama anak-anak. Melakukan hal-hal bersama, seperti membaca, berjalan, bermain dan membersihkan rumah sangat baik untuk perkembangan mereka. Apa sebenarnya yang paling dibutuhkan oleh anak-anak adalah perhatian. Perilaku buruk mereka biasanya muncul karena upaya mereka untuk mendapatkankan perhatian kamu.

Jadi, jangan sampai tangki cinta kamu kosong dan tidak bisa memenuhi tangki cinta anak-anakmu.